Ngabdikeun diri

"Nyiar pangarti jeung pangaweruh!" eta wejangangan ti salah sahiji dosen simkuring kanggo para mahasiswa. Kukituna Himpunan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi ngayakeun kagiatan ngenaan Pengabdian Masyarakat. Simkuring sareng rerencangan nu kaasup mahasiswa sekaligus anggota himpunan diaharepkeun tiasa ngiringan ieu kegiatan.
Nincak kana kagiatan ieu teh, simkuring bungah atanapi pacampur jeung hariwang. Lantaran di hiji sisi nu ngiringanana seeuran janten tiasa ngadegkeun tali silaturahim, di sisi nu sanes simkuring teu acan gaduh pengalaman nu cekap dina ngabdikeun diri sareng beradaptasi ka kahirupan masyarakat batur.
(rada kagok gening nyunda teh? geus lah urang make basa gado-gado weh atawa cek urang jawa barat mah basa karedok mereunnya?? hhehe)
Tahhh kitu atuh, saya akhirnya dan barudakteh capcus ka sumedang kecamatan jatinunggal desa pawenang. Poe kahiji saya nu tugasna kabagian sie acara pusat, kabagian ngontrol kegiatan workshop pendidikan.Sementara eman-teman yang lain adayang bertugas di rumah kreativitas saya dan teman-teman dari kompartemen 2 divisi pendidikan berangkat ke kantor kecamatan. Berangkat dari desa pawenang ke kantor kecamatan itu gak deket ternyata!(sugan weh dekeuut, padahalmah zzz) geus mah poek di jalan teh hujan deui. Saya dibonceng oleh ketua divisi pake motor sabil bawa layar LCD. Luar biasa!! (harusnya dapet rekor dunia nih: "Manusia Pertama yang mampu menahan beban berat diatas jok motor dengan kecepatan 60km/jam dengan rute pegunungan pada malam hari" #prokprokprok) Sesampainya di kecamatan ternyata disambut satpol pp dan penjaga yang lagi pada ngopi sambil ngarobrol+nonton tv di teras. forward>>>>>>>beberes>>>>>>>ngobrol+ngopi>>>>>>>solat>>>>>>>>>>>tidu>>>>>>>>nonton dunia lain(kepaksa euy) gak ada chenel lain apa pak??>>>>>>>>gangguin orang tidur>>>>>>> solat subuh di mesjid
Paginya pas workshop pendidikan dihadiri oleh guru-guru di desa itu dan beberapa dosen dari prodi langsung memberikan materi. Dan ini pengalaman pertama saya membaca Al-Quran di depan para pahlawan tanpa tanda jasa. Alhamdulillah (teori daun jatuh)
Hri kedua ada kegiatan Bakti sosial dan bazar murah, walaupun pas briefing semua panitia waktu malemnya ada kejadian yg kes****an. Tapi gak lama sih, udah gitu ketutup kejadian lucu gara-gara pas lagi hening buat do'a tiba-tiba denger suara perut yang aneh. Mau ditahan sekuat apapun gak kuat bro! ngakak abis.
Di bazar murah saya dan beberapa temen kebagian jualan di lapak yang paling murah IDR1000 perak!! aya sagala rupi calana, kaos, baju, topi, sampai sesuatu yang bikin temen yang akhwat ketawa-ketiwi keanehan + illfil. HHaha lol psund! *barang keramat itu adalah yang terakhir tersisa.
Di tempat lain ada pembagian sembako buat warga tidk mampu, katanya sih pas teknis pembagiannyalancar-lancar aja. cuma pas evaluasi ternyata ada kejadian yang tidak diduga lantaran ada beberapa panitia yang nangis pas ngeliat pembagian. Soalna nu dongkapteh seeurna tos sepuh, sareng kondisina memprihatinkan.. Selain itu di SMA ada nonton bareng film KPK Kita vs Korupsi yang dihadiri Siswa dan panitia.
Sorenya kita mengadakana pertandingan voli persahabatan, yang berkahir dengan pembantaian masal yang dilakukan oleh tim warga terhadap tim panitia. Aduh-aduhhh ngerakeun pisan!
Hari ke-3 semua panitia sejumlah 89(gak semua kayaknya ada yang stay di basecamp) bertolak ke Lapangan nun jauh disana tuk mengadakan senam bersama dan lomba keluarga sehat. Sepanjang jalan "bewara-bewara diuningakeun kapara wargi kanggo tiasa ngringan kgiatan di lapangan,, hatur nuhun, Sakali deui diuningakeun dst. . . ."
Sisa pakaian yang belum laku kemarin akhirnya ludes dilalap warga setelah pas menjelang akhir kegiatan barang-barang ini secara resmi di GRATISkan!! "mangga dihaturanan ka para wargi, acukna GRATIS!!" "ka wurangkalih nu ts nyandak mangga marundur kapenggker" waduh ternyata langsung rame deui!!
Tahhh tos kitu teh tinggal diberesan lapanganna, kusabab loba paruntahan. Hayu ah urang beberes! Semakin panas! semakin Semangaaat!!
Mungkin sakitu wae nu diemutan ku simkuring, kusabab lobana kegiatan jeung panitia nu ngiringan, jadi simkuring teu tiasa terlibat ka sadaya kegiatan. Soalna panitia teh tos dibagi ranah kerjana.
Pas penutupan kegiatan teh, diayakeun kegiatan Tabligh Akbar. Tah pas dina salah sahiji topik pas ceramah teh #segmen ceramahnya emang untuk bapak-bapak dan ibu-ibu, teryataada topik tentang kemesraan Rasulullah dengan istrinya!" luarbiasa, pikabitaeun wae yeuh pak ustadz teh", samapai larut malam akhirnya kembali ke bascamp.
Besoknya tibassaatnya tuk berkemas-kemas dan kembali ke UPI,,

Sebenernya yang mau gw tekankan bukan dari seberapa banya kegiatan yang udah gw ikutin, tapi lebih kepada pengalaman-pengalaman yang justru diluar skenario kita sebagai manusia, yaitu skenario Sang Sutradara Kehidupan. beberapa Ibrah/ pelajaran:
Silaturahim kami yang semakin erat, beberapa kebiasaan kaka tingkat yang patut ditiru dalam menjaga waktu sholat, bahkan ada yang diem-diem headset mlulu! gak mau berbaur ngobrol, ternyata pas gak sengaja gw denger waktu tidur disebelahnya lagi denget tilawah, subhanallah.
Ada juga kemampuan teman yang sangat cepat berbaur dengan warga, ada juga yang langsung punya masa alias fans atau prajurit anak-anak kecil. Adajuga yang sangat disiplin dengan tugasnya, ada yang lebih mementingkan keadaan temannya dibanding keadaan sendiri.
Pokoknya banyaklah yang bisa jadi hikmah dan pelajaran. Saya juga mudah-mudahan bisa lebih hemat air  #maklum disana susah air ternyata. Biasa lebih disiplin waktu dan bisa lebih berbaurdengan warga.. Amin


*bestmoment : Setiap malem di basecamp cowok ada turnamen mendadak: Adu balap motor dengan persneling unik dari beberapa kontestan! ada yang nada ngoroknya rendah, ada yang tinggi. Ada yang begitu tidur langsung berkicau #mungkin kecapean ada yang agak lama baru bunyi, semua saling bersautan! ,,, HAHAHA
Barudakteh aya-aya wae aya nu ngahereuyan nu keur sare. simkurngmah cuma ngeliatin ja da tingkah polah kocak para pemuda ni!! bakal ngangenin kayaknya...


Komentar

Postingan Populer