Malam Nisfu Syaban

Bismillahirrohmanirrohim, dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang
Malam Nisfu Syaaban ni ada yang ke mesjid buat baca Yassin, solat sunah, solawatan, sedekah, dsb. Ada juga yang ibadah di rumah, ada yang tidur, bahkan ada yang malah bikin note di facebook. (kayak gw nih..- -" ). Tapi malem ni Allah gk lg ngelirik orang" yg suka berbuat dosa, termasuk yang gk peduli sama malem ni.

Dari Al-Baihaqy dengan sanad-sanadnya dari Aisyah ra. bahwa Nabi saw bersabda bermaksud, “Jibril telah mendatangi aku dan berkata: Malam ini adalah malam Nisfu Syaaban. Pada malam itu Allah membebaskan hamba-hamba dari siksaan Api Neraka seramai bilangan kambing Bani Kalb (merentasi satu tempat) selama sebulan. pada malam itu Allah tidak menoleh kepada orang yang melakukan syirik, pengadu domba (kaki batu api), pemutus silaturrahim, penderhaka kepada kedua ibu bapa dan orang yang ketagih arak”. Bani Kalb adalah kabilah Arab yang terbesar atau yang memiliki bilangan kambing yang terbanyak.

jadi mnurut gw; bagi manusia yang sedang hilaf atau sengaja hilaf atau selalu hilaf dengan malam Syaaban ni, Allah tidak menoleh kepada orang tsb. Tapi perhatian nya terpusat untuk orang-orang yang senantiasa bertasbih dan selalu ingat akan akhirat dan fokus untuk memberikan ganjaran yang sebesar-besarnya.;
Dari Ibnu Majah dari Ali ra. dari Nabi saw bersabda bermaksud, “Apabila tiba malam Nisfu Syaaban, lalu berqiyamullail pada malamnya, dan berpuasa di siangnya, maka sesungguhnya Allah swt turun ke langit dunia ketika matahari terbenam dan berfirman, “Adakah disana orang yang memohon keampunan, lalu Aku mengampunkan dia ? Adakah di sana orang yang memohon rezeki, lalu Aku memberi dia rezeki ? Adakah di sana orang yang di beri ujian bala bencana, lalu Aku menyejahterakan dia ? Adakah di sana … adakah di sana … ? sehingga terbit fajar”.

Dari hadis di atas udah jelas, klo Nisfu Syaaban itu PENTING BGT! tp pentingnya hanya untuk orang yang beriman dan orang mengerti.  banyak yg blm ngerti tntang nisfu syaaban ato yang bru ngerti(gw jg bru pham). Mudah"an Allah senantiasa membuat hati hambanya istiqomah untuk terus mengamalkan ibadah yg istimewa di buan Syaaban khususnya di malam Nisfu Syaaban.
(Semua hadis diatas dikutip di; http://inijalanku.wordpress.com) bnyak komentar di dalam nya yang intinya mndbatkan msalah hadis; sahih atau tidak, jg tntang masalah Bid'ah) spengetahuan gw sebagai org awam tntang msalah ibadah yg Bid'ah di malam Nisfu Syaaban, yaitu kalo solat sunah trus niatnya solat sunah nisfu syaaban itu bid'ah. jadi supaya gk bid'ah, cukup niatnya solat sunah doang. Itu jg gw tau dari ustad di trans tv yg slogannya khas ntu.... jamaaah ee jamaah.. Alhamdulillah,.. ustad yg unik, hha.
So yang pnting mnurut gw, sbagai remaja muslim qta sudah sepatutnya mengenal lebih dekat tntang ISLAM, jgn cma ISlam KTP. qta bisa mulai dr hal terkcil sprti ngapalin surat pendek, apalin nama" rasul, nama malaikat n tugasna, nama bulan di thn hijriah(gw yakin bnyak yg lupa ato emg taunya cma bulan masehi doang), Bagi lo lo pada, yang emg udh pda apal itu, udh jago agama n akhlaknya, gw salut bgt dah! Mantap! tp yg udh pda jago-jago pengetahuan agama nya jgn cma diem aj,liat temennya gk pernah solat, liat tmnnya gk puasa, liat gw bkin note 'eh, ayo gerak!  klo bukan anda, siapa lg? msa saya yg pngtahuannya trbatas?.
Tp buat temen" yg mungkin punya semangat keislaman yg kuat tapi pengetahuan agamanya minim, harap siaga n hati-hati, karena ini lah sasaran-sasaran organisasi semacam NII ato bos teroris yg lagi nyari tumbal buat bom bnuh diri. Kalo mau ikut pengajian ckup di lingkungan masyarakat yg jelas, atau ikut yag ada bintang sembilannya(berari itu NU) n InsyaAllah barokah, ato gk ngaji sendiri di rumah supaya lbh khusu. Toh semuanya kembali pada diri masing-masing . . .
Yang jelas Bulan Syaaban tu menjadi mulia karena letaknya sebelum bulan yang paling mulia yaitu Ramadhan. di bulan Syaaban qta diharapkan ntuk mmpersiapkan diri tuk menghadapi segala keindahan dan keagungan bulan Ramadhan; klo diibaratkan mungkin kyak semacam latihan/gladi untuk melaksanakan suatu acara yg amat sangat penting. Selain itu buku rapot amalan perbuatan baik/buruk kita sudah diarsipkan di bulan Syaaban, diganti yang baru. Buku rapot yang baru akan penuh dengan nilai yg amat baik klo qta bisa mlaksanakan ibadah RAMADHAN dengan baik. Ibadah Ramadhan akan baik klo sebelumnya qta sudah latihan n gladi terlebih dahulu di bulan Syaaban.
Ayo Bangkit Remaja Islam! Ayo maju Indonesia!
Wallahu a’lam, Dan Allah lebih tahu
Alhamdulillahirobbil'alamin, segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam

Komentar

Postingan Populer